Bakat. Kita, mudah saja melihat dan menilai orang sukses dari luarnya. “Hebat, ya! Berbakat dia!” Sebagian besar mengatakan dia yang sukses di bidangnya adalah dia yang berbakat. No! Poin tertingginya bukan itu. Oke lah dia memang berbakat. Tapi kalau saja dia tidak bekerja keras mewujudkan mimpinya maka bakat itu hanya akan menjadi mutiara kecil yang tertimbun.

Gigih. Di balik suksesnya yang terlihat sangat mudah untuk diraih, ternyata ada banyak tantangan yang harus dia lewati dengan segala keterbatasan. Ia tidak mudah menyerah. Mentorku juga bilang, “Fokuslah dengan apa yang kita BISA. Bukan dengan apa yang kita tidak/belum bisa.” Saya sendiri sangat setuju dengan  quote itu. Just do it! Berproses dengan kegigihan. Semesta akan mendukung. Tentang hasil, biarkan Tuhan yang menentukan.

Konsisten. Ia yang konsisten dan yakin betul terhadap mimpinya akan berpotensi besar untuk sukses. Sudah banyak contohnya. Tokoh-tokoh sukses dari berbagai penjuru dunia itu telah membuktikannya. Tidak mudah goyah hanya oleh cibiran orang sekitar, ditertawakan, dan lain-lain. Setiap hari mereka berproses. Bahkan yang sudah kita anggap sukses pun, setiap harinya mereka terus berlatih untuk mempertahankan dan meningkatkan skill. Kekonsistenan ini memang bukan harga yang murah. Butuh usaha yang besar untuk tetap konsisten.

Kesempatan. Setelah berproses dengan gigih dan konsisten, mereka yang sukses juga pintar melihat peluang. Mengambil setiap kesempatan yang datang. Kesempatan bagaikan lampu penerang jalan. Atau plang penunjuk jalan yang harus kita ikuti. Jika kesempatan itu datang, ambil dan lakukan yang terbaik. Kerahkan segala kemampuan yang BISA kamu lakukan. Dan berdoalah.

Bangun. Jika kesempatan telah diambil, namun hasil tak seperti yang kita harapkan, bangun! Teruslah fokus, yakin, gigih, konsisten, dan raih kesempatan selanjutnya. Sedih boleh, tapi sebentar saja. Kecewa boleh, tapi jangan lama-lama. Waktu tidak akan menunggumu berhenti sedih dan kecewa.

Sukses itu mahal. Tidak ada sukses yang dibayar murah. Milikilah mimpi, yakini, dan lakukan usaha terbaik untuknya. Lalu berdoalah.

#MengingatkanDiriSendiri #OneDayOnePost

14 pemikiran pada “Sukses Itu Mahal

Tinggalkan komentar